Selasa, 19 April 2016

4 Hantu Menyeramkan Asli Kalimantan

gambar 4 Hantu Menyeramkan Asli Kalimantan


Di Indonesia memang tidak dapat dipungkiri lagi jika memiliki segudang cerita misteri di tiap wilayahnya. Berbagai daerah di Indonesia, misalnya daerah Jawa, disana terdapat tempat-tempat yang di keramatkan dan dipercayai dihuni oleh berbagai makhluk halus dengan wujud yang menyeramkan. Salah satunya adalah Genderuwo, makhluk ini berasal dari kepercayaan agama Hindu dan Budha. Makhluk ini berasal dari bangsa jin dan dikategorikan sebagai hantu PK (Penjahat Kelamin) karena memiliki kebiasaan yang suka berbuat cabul kepada wanita yang diincarnya.

Kalimantan tidak hanya terkenal dengan perhiasan jenis batu alamnya saja, melainkan disana juga memiliki berbagai cerita misteri di dalamnya. Makhluk halus yang paling membuat geger dan menakutkan di wilayah pelosok Kalimantan adalah ketika ada kabar jika ada penduduk yang melihat sosok kuyang, yaitu siluman berwujud kepala manusia dengan bawahan hanya organ dalam yang terbang untuk mencari makan. Seram bukan, dan masih ada lagi berbagai hantu menyeremkan yang ada di Kalimantan. 


Berikut 4 Hantu Menyeramkan Di Kalimantan :



1. Mariaban, si hewan siluman bulu perindu


gambar 4 Hantu Menyeramkan Asli Kalimantan

Siluman ini berwujud hewan yang memiliki bulu lebat yang tinggal di pedalaman hutan belantara Kalimantan. Masyarakat setempat yang memiliki nyali besar biasanya mencari hewan ini untuk mengambil bulunya yang biasa disebut buluh perindu, banyak warga yang meyakini jika bulu dari hewan siluman tersebut dapat digunakan untuk memikat kaum wanita. Makhluk ini sangat gemar dengan darah, jika dia menjumpai sosok manusia di wilayah kekuasaannya dia dapat langsung menyerang dan menyantap manusia tersebut. Kemunculan dari Mariaban tidak dapat diprediksi, kadang ia bersembunyi, kadang juga ia muncul dengan cara menyamar sebagai wujud manusia tetapi tidak begitu sempurna karena ia memiliki postur badan yang besar dan mata yang merah. Efek negative dari menyimpan bulu atau minyak Mariaban adalah biasanya orang tersebut akan terpengaruh oleh sifat buruk dari makhluk tersebut. Biasanya orang itu mudah emosional, sering membuat kekacauan dimana-mana, bahkan yang paling seram dapat membunuh lawannya dengan begitu saja.



2. Rabing, si Hantu air


gambar 4 Hantu Menyeramkan Asli Kalimantan

Orang setempat biasa menyebutnya dengan nama Hantu Banyu, perwujudannya seperti tikar yang terdapat di dalam air. Biasanya ia mendiami sungai-sungai yang sunyi dan terbilang angker, yang sewaktu-waktu muncul kepermukaan. Hantu ini tergolong suka memakan korban, ia biasa menggulung manusia yang sedang berenang sehingga orang tersebut dapat kehilangan nyawa karena lemas. Kadang juga ia digambarkan sebagai sosok makhluk seperti labi-labi atau kura-kura air tawar. Menurut kabar warga setempat, kita dapat mengetahui ciri-ciri kedatangan atau suatu sungai yang didiami oleh hantu banyu, yaitu ketika kita menyentuh air sungai, maka air yang terdapat di permukaan akan terasa hangat, tapi air yang terdapat di dalamnya dingin atau air yang ada di permukaan tenang, tapi air yang ada di dalamnya berputar-putar seperti pusaran. Selain menyerang orang yang sedang berenang, sifat hantu banyu juga menyerang orang yang sedang naik perahu, dengan cara menarik perahu tersebut hingga karam dengan rambutnya yang panjang menyerupai tentakel sotong.



3. Anak Sima, siluman bayi pemakan jantung


gambar 4 Hantu Menyeramkan Asli Kalimantan

Ada sebuah cerita rakyat tentang Anak Sima, dan masih menjadi sebuah misteri. Kabar yang ada mengatakan, jika Anak Sima berasal dari anak kapang atau anak yang dilahirkan dari hubungan tidak sah, karena hal tersebutlah maka sang ibu tega membuang jabang bayi itu ke dalam hutan belantara, untuk membuang rasa malunya. Kemudian bayi tersebut menangis sejadi-jadinya, yang kemudian dihampiri oleh Takau, yaitu nama hantu paling kuat yang terdapat dalam cerita rakyat Kalsel, ia dapat berubah bermacam bentuk dan ilmunya sangat tinggi. Kemudian sang bayi diambil dan dipelihara oleh hantu ini.

Karena dipelihara oleh hantu, maka Anak Sima pun besar dan tumbuh dengan memiliki ilmu dari hantu Takau. Anak Sima mempunyai semacam ilmu pengasih, yang mana dengan tangisannya orang akan terpesona dan iba sehingga mencari sumber suara itu. Hantu Anak Sima tidak segan-segan memakan jantung manusia hidup ketika ia berada dipangkuan atau digendongan seorang yang kasihan ketika mendengar tangisannya. Di sinilah anak sima akan beraksi, sedikit demi sedikit ia memakan daging punggung orang itu hingga berlubang dan setelah itu diambilnya jantung yang mana kemudian dimakannya. Wiidddiiihhhhhh, serem amat yakkkk. 



4. Kuyang


gambar 4 Hantu Menyeramkan Asli Kalimantan

Makhluk gaib yang satu ini menjadi legenda mistis turun temurun di Kalimantan. Sosok dari makhluk gaib ini dipercaya tidak seperti sosok hantu pada umumnya, namun makhluk gaib ini katanya adalah penjelmaan dari seorang manusia terutama wanita yang sedang mendalami ilmu hitam. Wujudnya ialah hanya kepala dan organ dalam perut tanpa anggota tubuh yang lain, makhluk gaib ini di yakini warga setempat sangat berbahaya. Menurut penduduk asli Kalimantan, makhluk legendaris ini konon kerap terlihat atau sering dijumpai pada rumah sakit bersalin atau kandang ayam warga. 

0 komentar:

Posting Komentar